- : 081237711871 / FAX : - cs.fujijayamotor@gmail.com WORKS : SAB 08.00-17.00 WIB :
Ukuran Kekentalan Oli Motor Matic

Ukuran Kekentalan Oli Motor Matic

Meski hampir semua kalangan mengenal atau memiliki motor, namun masih banyak yang menganggap bahwa semua oli pada dasarnya sama. Fungsi utamanya sebagai pelumas mesin, di samping bisa mendinginkan dan menjadi penyekat juga. Padahal, pada dasarnya oli pun memiliki ukuran kekentalan dan fungsi yang berbeda.

Ukuran Kekentalan Oli pada Motor Matic

Kekentalan oli harusnya menjadi perhatian dan disesuaikan dengan spesifikasi motor agar mesin tak lekas mengalami kerusakan. Tingkat kekentalan ini dinyatakan dalam SAE. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat mengenai tingkat SAE berikut ini.

SAE 20W – 50
Oli jenis ini memiliki tingkat kekentalan 20 saat mesin dingin, dan meningkat menjadi 50 saat mesin panas. SAE 20W -50 merupakan tingkatan oli paling kental dengan tingkat penguapan yang sangat rendah. Biasanya oli jenis ini diaplikasikan pada mesin keluaran lama yang berat beban kerjanya. Oli ini cocok untuk motor yang berusia lebih dari 10 tahun agar kompresi bisa terjaga.

SAE 10W – 30
Oli jenis ini memiliki tingkat kekentalan 10 saat mesin dingin, dan meningkat menjadi 30 saat mesin panas. Kekentalan di tingkat ini umumnya mampu distart hingga suhu minus 20o Celcius, sedangkan titik panas mesin maksimal 100o Celcius. SAE 10W – 30 biasanya digunakan pada motor-motor berinjeksi dan berkaburator.

SAE 10W – 40
Oli jenis ini memiliki tingkat kekentalan 10 saat mesin dingin, dan meningkat menjadi 40 saat mesin panas. SAE 10W – 40 umum digunakan pada mesin yang memiliki kinerja tinggi seperti motor matic pabrikan Yamaha.

Sae 5w – 30
Oli jenis ini memiliki tingkat kekentalan 5 saat mesin dingin, dan meningkat menjadi 30 saat mesin panas, tergolong encer sekalipun berada di suhu minus 30o Celcius. Uniknya, ketika suhu meninggi secara ekstrem, viskositas masih tetap bisa bersirkulasi sehingga meminimalisir adanya gesekan. SAE 5W – 30 biasa diaplikasikan pada motor dengan teknologi adopsi motor balap seperti Yamaha YZF-R25.

Sekarang Anda tentu lebih paham mengenai tingkat kekentalan oli, bukan? Sesuaikan SAE-nya dengan yang sesuai karakteristik dan spesifikasi motor Anda. Jangan gegabah dengan asal ganti oli.

0 Komentar

Stay Connected