- : 081237711871 / FAX : - cs.fujijayamotor@gmail.com WORKS : MING 08.00-22.00 WIB :
Oli SAE 15W-40 untuk Motor

Oli SAE 15W-40 untuk Motor

Meski sering berurusan dengan motor, mungkin Anda tak tahu makna kode yang ada pada oli. Padahal jika mau menelaah lebih jauh, tiap kode ini memiliki arti tersendiri yang patut dipahami pengendara. Beberapa jenis oli ada yang bertuliskan SAE 15W-40. Sebenarnya apa arti kode ini?

 

Pengertian SAE 15W-40

SAE merupakan salah satu skala yang dipakai untuk mengukur tingkat kekentalan oli alias viskositas pada suhu tertentu. Karena adanya dua nilai dalam jenis oli ini, artinya SAE 15W-40 termasuk ke dalam jenis oli multigrade.
Pada seri oli multigrade, angka di depan mengindikasikan tingkat kekentalan pada suhu dingin, yang diikuti dengan kode huruf W mewakili winter. Sementara itu, angka di bagian belakang menunjukkan tingkat kekentalan oli/ viskositas ketika mesin tengah bekerja mencapai suhu panas yang bisa ditolelir.

Oli dengan kode SAE 15W40 berarti memiliki tingkat kekentalan bernilai 15 saat mesin masih dingin, dan meningkat menjadi 40 ketika mesin panas. Oli ini masih bisa bekerja melumasi mesin hingga pada suhu dingin -15o Celcius sampai -20o Celcius. Sementara suhu tinggi yang bisa ditoleransi mencapai tinggi 150o Celcius.
Penggunaan Oli SAE 15W-40 untuk Mesin Diesel dan Motor

Jenis oli SAE 15W-40 umumnya lebih banyak digunakan pada jenis mesin diesel. Hal ini dikarenakan tingkat kestabilannya cocok untuk penggunaan pada jarak jauh serta kinerja keras yang dilakukan mesin diesel. Namun, pada dasarnya oli jenis ini merupakan golongan premium yang bisa diaplikasikan baik pada diesel maupun motor untuk melindungi mesin dari kemungkinan terbentuknya lumpur dan aus.

Oli ini sangat direkomendasikan untuk berbagai kendaraan yang beroperasi setiap hari, dengan beberapa keunggulan;

  • Mampu membersihkan mesin dari tumpukan kotoran karena pemakaian dalam kurun waktu lama
  • Mampu melindungi mesin serta menetralisir asam korosif akibat pembakaran bensin
  • Memiliki nilai TBN (Total Base Number) yang tinggi, gunanya untuk mencegah korosi, keausan mesin, serta membantu memperpanjang usia mesin

Salah satu opsi oli SAE 15W-40 adalah produk Shell Helix HX5 15W-40 yang cocok untuk mendukung performa motor Anda. Untuk motor scooter, Anda bisa mengaplikasikan Shell Advance AX5 15W-40 yang cocok untuk seri Yamaha Mio J, Mio GT, Mio Z, Mio Soul, Mio M3 125, Mio Fino, X-Ride, XEON, dan lainnya.

0 Komentar

Stay Connected