- : 081237711871 / FAX : - cs.fujijayamotor@gmail.com WORKS : RAB 08.00-17.00 WIB :
Yuk Kita Lihat Pengertian Kode Oli Motor Sama Sama

Yuk Kita Lihat Pengertian Kode Oli Motor Sama Sama

Performa motor akan makin tangguh jika mendapatkan asupan berupa perawatan yang benar dan tepat. Salah satunya adalah dengan mengganti oli sesuai spesifikasi yang sesuai dengan motor. Agar tak salah langkah, Anda patut memahami pengertian kode oli motor beserta macamnya terlebih dahulu.

Pengertian Kode Oli Motor

Jika ditelisik lebih jauh, oli ternyata memiliki kode-kode yang berbeda satu dengan yang lainnya. Kode oli motor adalah sebuah petunjuk dari para ahli di bidang otomotif agar konsumen bisa memilih oli sesuai kebutuhan. Sayangnya, banyak yang belum tahu mengenai kode ini dan menganggap semuanya sama, hanya merk yang membedakan. Inilah yang patut segera diluruskan.

Yuk Kita Lihat Pengertian Kode Oli Motor Sama Sama

Macam-macam Kode Oli Mesin

Nyatanya, kode oli mesin memiliki bermacam jenis, antara lain;

SAE
Merupakan sebuah singkatan dari Society Automotive Engineering di mana para ahli berkumpul menentukan standarisasi produk. Di bidang oli, SAE menentukan skala viskositas alias kekentalan oli dengan kode SAE.
Berdasarkan penentuan SAE ini, oli terbagi menjadi dua yakni Single Grade dan Oli Mutigrade. Oli single Grade hanya memiliki satu nilai SAE, contoh SAE 140. Sedangkan Oli Multigrade memiliki lebih dari satu angka SAE, contoh SAE 20W-50. Semakin besar nilai SAE yang dimiliki menunjukkan tingkat kekentalan yang semakin tinggi.

JASO
Merupakan akronim dari Japan Automobile Standard Organization dari Jepang yang berwenang menentukan jenis oli berdasar tipe kolingnya. Terdiri dua jenis JASO, yakni JASO MA dan JASO MB. JASO MA umumnya merupakan kode oli yang diperuntukkan bagi motor bertipe kopling basah, layaknya bebek/ sport. Sementara JASO MB diperuntukkan bagi tipe kopling kering alias matic.

API
Merupakan singkatan dari American Petroleum Institute dari negeri Paman Sam yang berwenang menentukan kode untuk kualitas oli. Pengunaan kode API dalam mesin bermotor menggunakan simbol huruf S yang diikuti huruf lain sebagai petunjuk angkatan mesin.

  • SN (Current) : Mesin angkatan saat ini
  • SL (Current) : Mesin angkatan 2004 atau sebelumnya
  • SJ (Current) : Mesin angkatan 2001 atau sebelumnya
  • SH (Obsolete) : Mesin angkatan 1996 atau sebelumnya
  • SG (Obselete) : Mesin angkatan 1993 atau sebelumnya
  • SF (Obsolete) : Mesin angkatan 1988 atau sebelumnya

Meski sepele, informasi mengenai seluk-beluk ini sangat penting untuk Anda ketahui. Mulai sekarang, pilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor Anda, ya.

0 Komentar

Stay Connected