- : 081237711871 / FAX : - cs.fujijayamotor@gmail.com WORKS : SAB 08.00-17.00 WIB :
Pentingnya Tekanan Angin Ban yang Benar

Pentingnya Tekanan Angin Ban yang Benar

Anda tahu bedanya badan dengan ban? Badan jangan sampai dimasuki angin, tapi ban motor wajib dimasuki angin. Angin merupakan elemen alam yang sangat dibutuhkan oleh ban motor, tanpa adanya angin ban motor akan dalam kondisi rawan dan resiko terburuknya adalah dapat menyebabkan kecelakaan.

Urusan pengisian angin ban motor tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sekalipun ban membutuhkan angin, tetap ada ukuran serta batasan tertentu jumlah tekanan angin pada ban motor. Jangan kelebihan dan jangan sampai kekurangan. Sebenarnya kenapa ada ukuran tertentu dalam pengisian angin ban motor? Dan apa pentingnya?

Pentingnya Isi Angin Ban Motor yang Benar

Setiap ban motor memiliki batas toleransi isi angin masing-masing. Ban motor matic, motor bebek, dan motor sport terdapat perbedaan-perbedaan, Tergantung pada bobot motor sekaligus berat maksimal yang dapat ditanggung oleh motor.

Ban adalah komponen motor yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Anda tentu tahu bahwa yang namanya jalanan punya banyak rupa. Ada yang halus, mulus, dan rata. Namun ada juga jalanan yang bergelombang, bergeronjal, bahkan banyak lubang. 

Salah satu pertimbangan pentingnya tekanan angin ban ialah kondisi jalanan yang beraneka macam. Jika ban tidak terlalu berisi angin, maka di jalanan rata dan di jalanan berlubang tentu menyulitkan kendali motor. Ban yang kurang terisi angin ketika melewati jalanan halus pasti mudah oleng. Sementara saat melewati jalan berlubang besar kemungkinan akan pecah.

Beda lagi kalau isi angin dalam ban terlalu berlebihan, memang kalau dipakai di jalanan rata bisa mempercepat laju motor, tapi ketika di jalanan berlubang ban akan rawan meletus. Tekanan angin yang melewati batas dapat membuat tapak ban yang berkontak dengan jalan jadi tidak rata. Apabila dipaksakan maka bisa menimbulkan cara kendali yang terlalu dinamis.

Kapasitas Isi Angin Ban Motor

Motor mempunyai dua ban, ban depan dan ban belakang. Batas ideal isi angin ban motor antara ban depan dengan ban belakang sudah pasti berbeda. Ban depan difungsikan sebagai medium kendali stir motor bagi pengendara. Sedangkan ban motor belakang selain dipergunakan untuk memberi daya dorong motor juga berkewajiban menjadi penahan beban.

Motor matic umumnya berbobot ringan. Sehingga untuk isi angin pada roda motor bagian depan berkisar antara 28 psi hingga 30 psi. Artinya, batas minimal isi angin ban motor depan adalah 28 psi, sedangkan batas maksimumnya 30 psi. 

Isi angin ban motor matic depan berbeda dengan isi angin ban belakang motor matic. Isi angin untuk ban motor belakang idealnya sekitar 31 sampai dengan 33 psi. Bila dikendarai sendirian ban motor belakng matic sebesar 31 psi sudah cukup, kecuali jika digunakan berboncengan dan membawa barang berat, idealnya 33 psi.

Untuk ban motor jenis bebek, tekanan angin idealnya tidak berbeda dengan motor bebek. Sehingga ukuran kapasitas tekanan angin ban motor bebek dapat disesuaikan dengan ban motor matic. Prinsipnya sama saja. 

Sementara untuk ban motor sport, ada perbedaan yang cukup signifikan dengan motor bebek dan motor matic. Bagi jenis motor sport tekanan angin ban depannya ialah minimum 34 psi sampai dengan 34 psi. Lalu untuk ban motor sport belakang batas minimumnya adalah 39 psi, dan batas maksimumnya 41 psi.

Anda perlu memperhatikan tekanan angin ban motor yang benar karena kondisi ban menentukan kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara. 

0 Komentar

Stay Connected