- : 081237711871 / FAX : - cs.fujijayamotor@gmail.com WORKS : RAB 08.00-17.00 WIB :
Apa Sih ABS itu? Yuk Kita Simak Sama Sama

Apa Sih ABS itu? Yuk Kita Simak Sama Sama

Teknologi otomotif, khususnya motor, terus dikembangkan. Fitur-fitur canggih setiap tahunnya ditawarkan. Bukan sekadar dari sisi desain tampilan dan mesin, bahkan dalam hal keselamatan muncul inovasi yang mampu meminimalisir kecelakaan berkendara.  Salah satu inovasi fitur keselamatan pengendara motor adalah fitur ABS yang saat ini begitu diandalkan oleh pabrikan motor Yamaha.

ABS merupakan akronim dari Antilock Brake System. Secara sederhana, fungsi dari fitur ABS ini adalah mencegah piston memberikan tekanan berlebih terhadap cakram roda. Melalui sensor yang dipasang, pengendara motor tidak perlu khawatir rotasi roda berhenti secara tiba-tiba karena kelebihan tekanan rem. Sensor teknologi ABS sebanyak 15 kali perdetik ketika melakukan pengereman di tingkat maksimum.

Sejarah Singkat Fitur ABS 

Inovasi ABS ditemukan pertama kali oleh Gabril Viosin pada tahun 1929. Saat itu ABS dipergunakan untuk menahan laju landing pesawat. Dua puluh sembilan tahun kemudian, 1958, Maxeret mengaplikasikan teknologi ABS pada motor. Hasilnya cukup mencengangkan, dengan dilengkapi ABS motor bisa berhenti lebih efektif dibandingkan motor yang menggunakan sistem pengereman konvensional.

Sayangnya penggunaan fitur ABS pada motor cenderung lebih lambat dibandingkan ABS mobil. Bahkan baru pada tahun 1992 teknologi ABS diterapkan di Asia. Honda dan Suzuki merupakan angkatan pertama aktivasi teknologi ABS pada motor di Asia.

Fitur ABS Pada Motor

Meski Honda dan Suzuki mendahului pengaplikasian ABS, namun Yamaha melakukan strategi inovasi yang menggemparkan terkait teknologi ABS. Berbeda dengan Honda dan Suzuki yang mengaplikasikan ABS pada motor biasa, Yamaha hadir sebagai produsen motor pertama kali yang menawarkan motor matic berfitur ABS.

Motor matic pertama kali yang dilengkapi teknologi ABS adalah Yamaha FreeGo 125 cc. Dikenalkan di Indonesia pada tahun 2018 pada Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Jakarta. Dari pameran tersebut akhirnya Yamaha banyak menawarkan beberapa jenis motor matic yand dilengkapi fitur ABS kepada masyarakat Indonesia.

Produk-produk motor Yamaha yang sebelumnya tidak memiliki ABS tetap diproduksi, akan tetapi disediakan versi ABS-nya. Hal ini dilakukan supaya masyarakat bebas menentukan sendiri apakah hendak memakai motor Yamaha yang berfitur ABS atau tidak.

Perlu diketahui, terdapat dua varian ABS pada motor. Yaitu Single Channel ABS dan Dual Channel ABS.

Single Channel ABS berarti penggunaan fitur ABS pada salah satu roda motor. Bisa depan ataupun belakang, tapi lazimnya diletakkan di roda depan motor. Sementara itu Dual Channel ABS berarti penggunaan teknologi ABS pada kedua roda motor.  

Harga motor berfitur ABS dengan varian Dual Channel ABS lazimnya lebih mahal dibandingkan motor berfitur ABS yang bervarian Single Channel ABS.

Motor Yamaha yang Berfitur ABS

Agar lebih memudahkan, simak daftar motor Yamaha berfitur ABS berikut. Daftar motor diklafikasikan berdasarkan varian ABS yang ada.

Motor Yamaha Single Channel ABS

  • FreeGo S ABS

Kapasitas mesin 125 cc. Harganya sekitar Rp22,5 Juta. Motor matic ABS paling murah.

  • Aerox 155 VVA S-Version

Punya kapasitas mesin 155 cc. Kisaran harganya Rp27,4 Juta.

Motor Yamaha Dual Channel ABS

  • Nmax 155 ABS

Berkapasitas mesin 155 cc. Kurang lebih harganya Rp30,6 Jutaan.

  • Xmax 250

Motor matic dengan kapasitas mesin tinggi, yakni 250 cc. Harganya Rp57.800.000

  • Yamaha R25 ABS

Jenis motor sport dengan mesin 250 cc, seharga Rp65.000.000

Motor yang memiliki sistem pengereman ABS tidak sepenuhnya aman. Seringkali di saat jalanan aspal basah, fungsi fitur ABS cenderung menjadi tidak optimal.

0 Komentar

Stay Connected